Sekilas tentang Telematika

Telematika, nampaknya bukan suatu hal yang baru di telinga kita.
Di Indonesia kita mendengar Roy Suryo sebagai ahli telematika, biasanya dia muncul dan membawa embel-embel ahli telematika nya ketika sedang memberi statement tentang sebuah foto atau video syur artis.

Sebenarnya apa sebetulnya yang dimaksud dengan Telematika ?

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, Contohnya sebagai berikut :

  1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  2. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  3. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Kalau diperhatikan Telematika bisa di katakan campuran dari komputer dan teknologi telekomunikasi tanpa kabel (nirkabel), tentu saja tujuannya yaitu untuk meningkatkan efisiensi kerja, terutama dari segi bisnis dan pemerintahan yang terkait dengan pelayanan publik. Contoh yang paling kongkrit dari telematika bisa dikatakan yaitu internet itu sendiri. Karena tergantung pada beberapa jaringan komputer yang terhubung secara global melalui tulang punggung telekomunikasi.

Telematika Masa Kini

Namun sekarang istilah telematika telah berkembang dan mengacu kepada automobile systems yang menggabungkan Global Positioning System (GPS) dan komunikasi nirkabel lainnya untuk mengetahui lokasi jalan.

Saat ini banyak produsen mobil nomor satu menggunakan teknologi telematika untuk melengkapi mobil buatanya dengan layanan berbasis nirkabel dikendalikan oleh perintah suara. Telematika semacam ini dapat memungkinkan kendaraan bermotor untuk melakukan berbagai fungsi nirkabel seperti mengakses Internet, menerima atau mengirim e-mail, men-download audio dan video digital file, atau memperoleh  informasi transportasi yang pintar.

Sumber : http://izulcybercafe.com/2009/10/sekilas-tentang-telematika/

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s